DENAH RUMAH 2 LANTAI DENGAN DESAIN OPTIMAL

Perencanaan denah rumah 2 lantai umumnya dilatarbelakangi oleh Kebutuhan jumlah ruangan yang lebih banyak. Menjadikan hunian menjadi Bertingkat, selain karena bertambahnya anggota Keluarga juga bisa karena faktor Keterbatasan ukuran tanah. Pada kondisi lahan yang sudah ada Bangunan, pemilik akhirnya Merenovasi rumah menjadi dua lantai agar bisa dapat ruangan tambahan. Sejalan dengan upaya tersebut, seringkali muncul kendala dalam mengatur tata letak atau layout denah. Alhasil layout denah rumah yang tidak tertata dengan baik, Sirkulasi udara yang tidak maksimal, serta Pencahayaan alami yang minim.

Inspirasi Model Denah Rumah 2 Lantai yang Sehat

Berbagai upaya untuk membuat hunian yang sehat dan nyaman tentu akan dilakukan setiap orang. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar Kebutuhan ruang hunian dapat Terpenuhi. Salah satu langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan membuat Perencanaan denah rumah.

Apabila Sobat ingin merencanakan rumah Berkualitas, maka simak terus artikel ini karena ada Inspirasi menarik yang bisa dicontoh. ArchIEF akan berbagi Inspirasi desain denah rumah 2 lantai yang sehat dengan Rancangan tata letak ruang yang optimal.

1. Denah Rumah dengan Ruang Keluarga yang Luas

denah rumah 2 lantai ruang keluarga luas

Desain denah rumah 2 lantai ini dirancang memiliki ruang Keluarga yang luas sebagai upaya memberikan kenyamanan kepada seluruh anggota Keluarga. Dengan menempatkan ruang Keluarga yang luas di lantai 1 bisa dimanfaatkan sebagai ruang Multifungsi. Selain dipakai sebagai ruang kumpul dengan sanak saudara juga dapat digunakan untuk kegiatan Pengajian. Ruang Keluarga dalam Rancangan ini dibuat menyatu dengan pantry dan ruang makan untuk menunjang Aktivitas kumpul sanak Keluarga.

2. Denah Rumah 2 Lantai dengan Ruang Void

denah rumah 2 lantai dengan ruangan void

Void adalah ruangan kosong tak berlantai yang posisinya berada di antara lantai satu dan dua sebuah Bangunan. Menyediakan ruang void pada Rumah 2 lantai adalah ide yang Cemerlang, sebab keberadaan void bisa hasilkan kesan luas, dan terbuka.

rumah 2 lantai dengan ruangan void

Rumah dengan ruangan bervoid juga memungkinkan Interaksi sosial antar Penghuni meski berada pada level ruang berbeda. Selain itu, ruangan bervoid bisa membuat rumah jadi sehat, karena keberadaannya akan optimalkan cross Ventilasi udara silang kedalam setiap ruangan. Model rumah 2 lantai karya ArchIEF ini memungkinkan Penghematan Energi, dan ramah Lingkungan.

3. Model Denah Rumah dengan Ruang Balkon

rumah bertingkat dengan balkon

Desain rumah 2 Lantai dengan Balkon karya ArchIEF arsitek ini tampil Menawan dan Elegan dalam nuansa Tropis. Tidak hanya Estetik, rumah dengan Balkon juga sangat cocok dengan iklim Indonesia yang panas dan lembab. Setiap ruangan yang berdampingan dengan Balkon punya jendela bukaan ke arah luar untuk maksimalkan Pencahayaan alami dan Sirkulasi udara. Dengan cross Ventilasi udara silang yang optimal, ruangan menjadi sejuk dan tidak lembab.

gambar rumah dengan balkon

Menyediakan ruang Balkon yang luas di lantai 2 selain mempercantik Tampilan rumah, juga bisa membuat hunian menjadi asri dan nyaman. Selain itu, Keberadaan ruang Balkon juga dapat dimanfaatkan untuk akses Perawatan Bangunan.

4. Denah Rumah 2 Lantai dengan Ruangan Split Level

denah hunian split level

Rumah split level memungkinkan hunian memiliki banyak lantai dalam 1 ruangan yang sama, namun berada pada elevasi yang Berbeda-beda. Konsep split level bisa diterapkan pada lahan Berkontur maupun pada kondisi tanah yang datar.

desain rumah split level

Rumah split level selain bisa Ciptakan ruangan yang banyak, juga bisa beri kesan luas dan terbuka nan dinamis. Dengan memiliki ruangan yang banyak, Sobat bisa manfaatkan untuk berbagai Aktivitas, semisal dijadikan sebagai ruang kerja, ruang gym, dan lain-lain.

5. Denah Rumah 2 Lantai dengan Kolam Renang

denah hunian dengan kolam renang

Memiliki rumah tinggal dengan kolam renang yang indah menjadi dambaan setiap orang. Dengan menyediakan kolam renang dirumah bisa jadi solusi yang tepat karena selain digunakan sebagaimana Fungsinya, juga bisa tingkatkan nilai Properti.

desain rumah dengan kolam renang

Dari segi Tampilan, Keberadaan kolam renang bisa meningkatkan Kualitas ruang, serta memperindah Pemandangan. Kolam dengan Kombinasi ruang taman bisa Ciptakan nuansa yang sejuk dan tropis. Sobat pun bisa manfaatkan area teras disamping kolam sebagai tempat bersantai dengan sanak Keluarga.

6. Model Denah Rumah 2 Lantai dengan Mushola

denah 2 lantai dengan mushola

Rumah tinggal yang memiliki ruang khusus untuk Mushola adalah sesuatu hal yang sangat Istimewa. Tak jarang kita temui banyak hunian yang tidak memiliki ruangan khusus untuk ibadah. Hal itu terjadi karena tidak ada Perencanaan diawal, dan juga karena minimnya ukuran tanah dimiliki. Dalam merencanakan denah ruang sholat dirumah, tempatkanlah pada posisi yang terbaik. Dengan tata letak dan desain Dekoratif yang tepat, ruang Mushola bisa jadi bagian ruang hunian yang Mengagumkan.

Seperti pada gambar desain Mushola diatas, ArchIEF Arsitek berhasil merancangnya dengan baik. Dengan tata letak yang tepat serta desain yang cermat menjadikannya Sempurna dengan Tampilan yang Mempesona.

Baca juga: Model Rumah 2 Lantai Minimalis Tampak Depan Terbaru

Cara Optimalkan Denah Rumah 2 Lantai Agar Luas dan Nyaman

Membangun hunian idaman di daerah Perkotaan memang sering kali akan temukan banyak kendala karena Minimnya ukuran tanah yang disediakan. Selain Kebutuhan ruang primer yang perlu dipenuhi, kita juga tentu menginginkan agar rumah idaman terasa luas dan nyaman. Berikut ini adalah beberapa tips desain untuk Optimalkan layout denah agar rumah 2 lantai bisa luas dan nyaman.

1. Gunakan Kaca Frameless / Pintu Kaca Sebagai Dinding Sekat Antar Ruang

rumah jadi luas dengan pintu kaca

Menggunakan dinding kaca selain untuk memperkuat kesan Modern, juga dapat menciptakan kesan luas pada rumah 2 lantai. Kita dapat membuat elemen kaca ini berupa bukaan pintu atau jendela. Selain dipakai sebagaimana Fungsinya, bukaan juga dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan aspek Pencahayaan alami dan Sirkulasi udara.

Bukaan pintu atau jendela juga dapat menjadi sekat pembatas antara ruang Keluarga dengan area taman atau ruang terbuka hijau. Dengan terapkan demikian, hunian idaman sobat akan terasa luas dan sejuk dalam nuansa tropis nan asri.

rumah jadi luas dengan kaca framless

Seperti gambar denah diatas, kaca Framelessnya bisa hasilkan kesan luas yang Mengagumkan. Ruangan terlihat seperti terbuka, Seakan-akan menyatu tanpa batas dengan area Eksterior. Tidak hanya terasa luas, namun juga terang dan hemat Energi Listrik.

2. Gunakan Kaca Cermin sebagai Dinding untuk Ciptakan Kesan Luas Tanpa Batas

rumah jadi luas dengan kaca cermin

Seperti gambar desain diatas, ini adalah sebuah ruang Keluarga berukuran 3×5 meter, dilengkapi dengan fasilitas pantry. Untuk beri kesan luas, kaca cermin berukuran besar digunakan pada ruangan ini. Pada dinding meja pantry, kaca cermin diaplikasikan sebagai pengganti dinding keramik. Sementara pada area sofa, salah satu bagian dindingnya juga dilapisi dengan cermin. Dengan penataan yang tepat serta desain yang cermat menjadikan ruang Keluarga berukuran kecil terasa luas dengan Tampilan yang kompak.

3. Hadirkan Taman Terbuka di Dalam Ruangan Tanpa Sekat

taman innercourt tanpa sekat

Menempatkan Taman Terbuka di dalam Ruangan bisa dibuat berdampingan dengan ruang Keluarga. Model desain rumah 2 lantai ini menjadikan hunian jadi sehat, karena Sirkulasi udara dan Pencahayaan alami dapat masuk secara Maksimal.

Desain rumah yang sehat adalah yang ramah Lingkungan, tidak semua area lahan dipakai untuk membangun tapak Bangunan. Kita juga perlu menyisahkan bagian lahan untuk area terbuka hijau. Karena dengan begitu, selain suasana asri yang dapat kita nikmati, faktor Lingkungan pun turut kita jaga Kelestariannya.

Dengan Taman Terbuka didalam Ruangan dapat manjakan mata. Selain itu juga bisa hemat Penggunaan energi listrik. Sobat tidak perlu hidupkan lampu maupun AC pada siang hari, sehingga biaya listrik bisa lebih murah di setiap bulannya. Hemat Energi listrik adalah Keuntungan jangka panjang, dengan kata lain Selama-lamanya sobat akan hemat Penggunaan listrik.

4. Terapkan Konsep Rumah Split Level dengan Ruangan Bervoid

rumah 2 lantai dengan konsep split level

Seperti yang telah kami jelaskan pada sub uraian inspirasi hunian berkonsep split level diatas. Rumah tinggal split level selain bisa hasilkan ruangan yang banyak, juga bisa beri kesan luas dan terbuka. Hunian Split Level dengan ruangan bervoid bisa membuat rumah jadi sehat, karena Ventilasi udara silang dapat masuk maksimal kedalam ruangan.

Kesimpulan

Perencanaan denah rumah tinggal perlu dirancang secara cermat dan Komprehensif dengan mempertimbangkan rencana hunian bertingkat. Perencanaan tidak hanya terfokus pada gambar Arsitektur saja, tetapi perlu menyeluruh. Termasuk juga gambar Struktur, MEP, Landscape, dan Perhitungan RAB yang lengkap agar Kontraktor rumah bisa membangun dengan mudah.

Rumah impian yang nyaman dan Elegan bukan lagi sekedar mimpi. Meskipun bukan hal yang mudah, karena untuk merealisasikannya banyak hambatan berliku. Setiap hambatan tentu ada solusinya. Dengan Rancangan denah rumah 2 lantai yang cermat, hunian idaman bisa jadi luas dan nyaman.

Sebagai penutup, bila sobat butuh bantuan ArchIEF Arsitek, bisa Konsultasi Gratis dengan menghubungi kami di nomor WA yang telah disediakan.

TERTARIK MENGGUNAKAN JASA KAMI?

formulir pemesanan

Arsitek ArchIEF Indonesia
Jl. Gunung Batu No.135, Pasteur – Bandung
Whatsapp : 081220962997

Original Content by ArchIEF-Design